Ancaman Intoleransi di Indonesia

Ancaman Intoleransi di Indonesia

Munculnya sejumlah kasus di Indonesia terkait Intoleransi antar umat beragama menjadi preseden buruk bagi bangsa Indonesia. Meski demikian Intoleransi tidak boleh dibiarkan untuk berkembang di tanah air, karena dapat memecah belah bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman suku, ras dan agama.

Hasil penelitian Setara Institute menyebutkan Intoleransi merupakan tangga pertama menuju terorisme. Oleh sebab itu, bagaimanapun caranya Intoleransi harus segera dicegah agar tidak meluas di tengah sendi kehidupan masyarakat.

Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan Pemerintah harus secara tegas mengatasi ancaman intoleransi agar bangsa Indonesia yang terbentuk dari kebhinekaan dapat tetap kokoh berdiri.

Masyarakat juga diminta untuk tidak mudah terprovokasi oleh segala hasutan yang ingin memecahbelah bangsa melalui intoleransi. Dengan kesadaran penuh dan kecerdasan, masyarakat juga dapat menditeksi adanya ancaman intoleransi melalui upaya – upaya negatif yang bisa saja “mengadu domba” antar umat beragama di Indonesia. Indonesia harus mampu membentengi diri dari ancaman intoleransi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.